Berbicara bahasa Inggris secara fasih dan lancar butuh pembiasaan yang bisa menjadi habit sehari-hari. Namun, hal ini tentu menantang bagi Anda yang berkebangsaan Indonesia dengan bahasa ibu non-Inggris. Sehari-hari, Anda lebih banyak berinteraksi dengan sesama orang Indonesia dalam bahasa Indonesia, sehingga meskipun Anda sudah menguasai fondasi dalam berbahasa Inggris, Anda tidak terbiasa menggunakannya dalam percakapan.

Anda bisa memulai kebiasaan berbahasa Inggris sampai fasih dengan menyisipkan gaya hidup berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda tidak memiliki partner berbahasa Inggris untuk melatih diri Anda, berikut life hacks untuk lebih aktif berbahasa Inggris meski tanpa partner!


1. Tulislah segala sesuatunya dalam Bahasa Inggris.

Catatan apapun yang harus Anda tuliskan, baik itu pendek maupun panjang, di smartphone Anda maupun di secarik kertas, pastikan Anda menggunakan bahasa Inggris dengan tatanan grammar yang sesuai. Secara tidak sadar, kebiasaan menuliskan semuanya dalam bahasa Inggris ini membantu Anda memperkaya kosakata dan berpikir dalam bahasa Inggris.


2. Coba pikirkan terlebih dahulu, kira-kira apa bahasa Inggris dari kalimat yang ingin Anda ucapkan.

Dengan cara demikian, Anda menstimulasi otak Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris dan mencari tahu kata apa yang belum Anda ketahui dalam bahasa Inggris. Meski terkesan kurang efektif dan membuat Anda harus banyak berpikir, namun cara ini membuat otak Anda “berolahraga” dan melakukan “akrobat” yang dibutuhkan untuk dapat secara otomatis mengerti dan mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris.


3. Saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris, perhatikan liriknya.

Jika Anda adalah penikmat lagu-lagu berbahasa Inggris, cobalah melakukan latihan listening skill dengan cara mendengarkan lirik dari lagu yang Anda putar. Dengarkan kata per kata dalam bahasa Inggris untuk memperkaya kosakata sekaligus meningkatkan pemahaman susunan kalimat dan makna dari suatu rangkaian kalimat dalam bahasa Inggris.


4. Saat menonton film berbahasa Inggris, matikan subtitle dalam bahasa Indonesia.

Cara ini merupakan trik sederhana untuk cepat mengadaptasi cara berbicara dan pelafalan bahasa Inggrisnyang sesuai. Selain dari mendengarkan aksen bahasa Inggris dan mencoba menangkap apa maksud dari setiap dialog dalam film, Anda dapat menyalakan subtitle bahasa Inggris untuk membiasakan diri membaca kata-kata dalam bahasa Inggris. Selain dengan menonton film, cobalah memperbanyak membaca buku atau berita dalam bahasa Inggris. Mulailah dengan artikel-artikel pendek dan buku-buku tipis. Dengan membiasakan diri, maka bahasa Inggris otomatis akan ada di alam bawah sadar Anda.


5. Bergabunglah dengan kelas percakapan online untuk menambah lawan bicara dalam bahasa Inggris.

Anda bisa mencari teman bercakap-cakap yang merupakan native speaker lewat situs-situs chat mancanegara, atau bergabung dengan kelas pembelajaran dan percakapan bahasa Inggris dengan guru yang sudah fasih berbahasa Inggris. Dengan tarif yang jauh lebih murah daripada mengikuti kursus bahasa Inggris yang jarang mengaktifkan percakapan dan dengan adanya lingkungan yang lebih nyaman karena dilakukan di rumah sendiri, benefit yang Anda dapatkan akan jauh lebih banyak dengan bergabung di kelas online, salah satunya adalah via TalkEngClub.

Mulailah membangun kebiasaan berbahasa Inggris sejak sekarang, karena tidak ada kata terlambat untuk mengaplikasikan trik bahasa Inggris sederhana dalam kehidupan sehari-hari ini.