Sebagai penutur Bahasa Inggris yang fasih, Anda tentu sudah seringkali terekspos dengan situasi di mana Anda harus berbicara dalam Bahasa Inggris, sehingga bahasa ini menjadi bahasa kedua yang paling Anda kuasai. Jika konteksnya adalah percakapan sehari-hari, seringkali Anda tidak merasakan adanya masalah karena Anda hanya perlu berbahasa Inggris secara kasual dan santai dengan teman Anda. Namun, saat kesempatan berbahasa Inggris berubah menjadi situasi publik yang memposisikan Anda sebagai orang yang berbicara untuk didengarkan, tidak jarang rasa gugup menghampiri Anda.

Saat Anda harus berbicara bahasa ibu Anda saja, terkadang public speaking atau berbicara di depan umum sudah membuat Anda berkeringat dingin dan merasa tidak nyaman. Lipatgandakan rasa tidak nyaman ini dengan berbicara Bahasa Inggris di depan umum, dan Anda mungkin akan memilih menghindar. Namun, ini adalah kesempatan emas bagi Anda untuk menantang diri Anda sendiri dan menaklukkan ketakutan Anda berbicara di depan umum dengan bahasa Inggris, dan cara-cara ini mungkin dapat membantu Anda.


1. Atur pernapasan Anda

Rasa gugup akan membuat jantung Anda terasa berdebar-debar, dan tidak jarang membuat Anda merasa perut Anda bergejolak. Sebelum Anda sakit perut, tenangkan diri Anda dengan mengatur pernapasan Anda.


2. Persiapkan diri Anda

Demam panggung dapat terbawa sampai saat ketika Anda sudah berada di atas panggung, jadi, jangan remehkan waktu yang Anda punya untuk bisa berlatih terlebih dahulu. Persiapkan struktur dari kata-kata yang ingin Anda ucapkan agar efektif dari pembukaan, penyampaian isi hingga penutupan. Berlatihlah menyampaikan semuanya di depan cermin untuk membangun rasa percaya diri Anda.


3. Jangan menghapalkan materi

Mengingat bahasa yang Anda gunakan bukanlah bahasa ibu Anda, jelas saja hal ini lebih menantang dan Anda mungkin tergoda untuk menghapalkan isinya. Namun, akan lebih baik bagi Anda untuk mengingat inti dari apa yang Anda sampaikan sehingga rasa gugup tidak mengacaukan hapalan Anda dan membuat Anda melenceng jauh dari apa yang sudah Anda persiapkan. Dengan mengingat setiap inti dari materi yang Anda bawakan, Anda akan lebih terstruktur dalam penyampaian dan dapat bebas dari rasa tertekan, membuat Anda dapat berimprovisasi dengan lebih luwes dan santai.


4. Berlatihlah di depan orang lain

Mintalah teman atau mungkin keluarga Anda yang mengerti Bahasa Inggris untuk me-review isi dari apa yang hendak Anda sampaikan sekaligus penampilan Anda. Atau, Anda juga bisa meminta teman online Anda untuk melakukan video call menemani Anda berlatih untuk memberikan masukan. Kehadiran orang lain yang menyaksikan tampilan Anda dapat menjadi penyemangat tersendiri sekaligus sumber kritik yang membangun. Dari kritik yang Anda terima, Anda bisa terus memperbaiki diri dan merasa lebih percaya diri. Mintalah orang yang menyaksikan Anda berlatih untuk menghitung waktu yang Anda habiskan dengan timer jika memang Anda harus melakukan pidato atau public speaking dalam Bahasa Inggris dalam waktu yang terbatas.


5. Persiapkan cue card

Cue card merupakan kartu yang berisi ‘contekan’ bagi Anda selama melakukan public speaking. Seringkali, rasa gugup membuat Anda ingin menuliskan secara detail isi dari hal yang akan disampaikan, dan hal ini membuat Anda malah membaca, bukan berinteraksi dengan penonton lewat materi yang Anda sampaikan. Perhatikan baik-baik isi dari cue card Anda, dan batasi isinya hanya berupa poin-poin penting yang harus Anda sampaikan. Dengan menuliskan poin-poin ini, otak Anda akan terbiasa dengan isi dari materi Anda dan dapat bergerak mengelilingi materi tersebut, melengkapinya dengan struktur kalimat dan kosakata dalam Bahasa Inggris yang tepat. Anda juga dapat tampil lebih ekspresif dibandingkan dengan jika Anda membaca dari cue card Anda. Pastikan Anda menulis dengan rapi dan dengan ukuran yang dapat ditangkap oleh mata Anda saat membaca dari jarak jauh sekalipun.


Terakhir, selalu optimis bahwa Anda bisa berbicara dengan lancar dalam Bahasa Inggris di depan umum. Dengan percaya akan hasil yang baik, rasa gugup Anda seharusnya bisa ditaklukkan.