Kalau ditanya apa bahasa kedua yang paling banyak digunakan oleh bangsa dengan berbagai bahasa suku yang beragam seperti Indonesia, jawabannya tetap akan bahasa Inggris. Selain karena bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan oleh semua orang di dunia, Indonesia dengan perkembangan ekonomi dan kondisi sosialnya yang pesat juga mulai kedatangan berbagai pendatang dengan bahasa utama Inggris sehingga perlu mampu berkomunikasi dengan lancar satu sama lain. Itu juga yang menjadi alasan berbagai sekolah internasional sengaja menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai proses pembelajarannya.

Tanpa bermaksud mengurangi rasa nasionalisme akan bahasa ibu pertiwi, bahasa Inggris memang sudah harus menjadi kemampuan tambahan yang dapat menentukan atau malah menunda karir seseorang. Kalau kamu sudah mengantongi kemampuan berbahasa Inggris, belum tentu cara kamu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sudah dapat digolongkan sebagai penguasaan menyeluruh pada bahasa Inggris. Berikut ini indikator yang dapat membantu kamu memastikan apa memang kamu sudah bisa menambahkan skill bahasa Inggris ke dalam resume kamu.



1. Kamu tahu basic grammar


blog_talkengclub_ind_article1_pic1

Basic grammar sudah dikuasai saat kamu mampu berbicara dengan struktur yang benar dalam bahasa Inggris serta bisa menjelaskan mengapa ada akhiran s atau es pada suatu kata kerja atau kata benda, dan mengapa tidak.



2. Kamu punya cukup banyak vocabulary atau kosakata untuk digunakan berkomunikasi secara lengkap

blog_talkengclub_ind_article1_pic2

Bukan soal tahu apa arti dari good morning atau have a nice day, tapi juga punya kosakata tambahan untuk membentuk conversation atau percakapan.



3. Kamu bisa mendengar percakapan dalam bahasa Inggris dan memahami artinya, cukup paham untuk tahu bagaimana meresponnya

blog_talkengclub_ind_article1_pic3

Kalau ada seseorang bertanya pada kamu dalam bahasa Inggris, kebanyakan kamu tahu apa artinya dan bagaimana cara menjawabnya dalam bahasa Inggris.



4. Kamu mengerti caranya menulis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, secara struktur maupun spelling-nya

blog_talkengclub_ind_article1_pic4

Spelling adalah kumpulah huruf yang menyusun suatu kata dalam bahasa Inggris, atau yang lebih dikenal sebagai ejaan dalam bahasa Indonesia. Kalau kamu tahu caranya menulis kata-kata dalam bahasa Inggris tanpa ada huruf yang tertukar susunannya atau kurang maupun kelebihan, maka kamu sudah menguasai bahasa Inggris.



5. Kamu bisa melakukan pronunciation atau pengejaan bahasa Inggris yang disuarakan dengan cara mengeja yang sesuai

blog_talkengclub_ind_article1_pic5

Sudahkah kamu mampu mengucapkan kata-kata seperti ‘thorough’ dengan tepat dan tidak membuatnya terdengar seperti ‘through’? Atau kata lain seperti ‘equivocal’ tanpa ‘terpeleset’ ke cara mengeja khas Indonesia yang lebih sesuai dengan tulisannya?



6. Semakin kamu bisa mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan logat para native speakers-nya, semakin terbukti tingkat penguasaan bahasa Inggris kamu.

blog_talkengclub_ind_article1_pic6

Soal logat, orang Indonesia sering masih mengalami kesulitan. Jika terdapat pengalaman tinggal dan belajar di luar negeri selama beberapa tahun, maka hal ini biasanya bukan masalah karena sudah menjadi kebiasaan. Namun, saat bahasa Inggris hanya dipelajari sebatas di dalam ruang kelas tanpa pernah dipraktekkan atau dilatih terus-menerus, hasilnya adalah bahasa Inggris berlogat Indonesia, di mana nada dan bunyi pengucapannya mengikuti logat daerah masing-masing. Jika kamu bisa menjadi ‘bunglon’ dalam berbahasa Inggris dan tidak terpengaruh oleh logat asli kamu ketika berbicara bahasa Indonesia, maka kamu bisa disebut sudah menguasai bahasa Inggris.



7. Kamu sudah menguasai bahasa Inggris saat kamu sering berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris untuk mempertajam kemampuan kamu berbahasa Inggris.

blog__talkengclub_ind_article1_pic7
Apalagi kalau kamu melakukannya setiap hari, dengan orang yang memang sudah mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Untuk dapat melakukannya setiap hari, kursus tentu tidak bisa jadi solusinya kecuali kamu mengambil kursus setiap hari. Yang memungkinkan di zaman teknologi seperti ini adalah dengan menyisihkan waktu belajar dengan orang lain via video call, sehingga tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Sudahkah kamu mencobanya?

Sekarang, sudahkah kamu yakin kalau kamu memang sudah menguasai bahasa Inggris?