Sudah bukan hal yang baru lagi, Indonesia sebagai negara berkembang di wilayah Asia Tenggara juga mendapatkan pengaruh dari Barat, terutama dalam bidang perekonomian, infrastruktur bahkan hiburan. Karenanya, bahasa Inggris sudah jadi ketentuan wajib untuk menilai kemampuan dan kredibilitas seseorang dalam melakukan pekerjaan, terutama dalam proses penyaringan kandidat. Bahasa Inggris menjadi ‘ukuran’ apakah orang tersebut memang termasuk berkemampuan intelegensia di atas rata-rata atau tidak.

Mengapa demikian? Alasannya tentu saja karena adanya sophistication atau gengsi yang tinggi pada kemampuan seseorang. Saat bahasa Inggris menjadi salah satu kemampuan yang ditonjolkan, seketika itu juga ‘nilai’ di mata employer menjadi naik. Karena itu, kalau kamu belum menguasai bahasa Inggris, belum terlambat untuk memulai mengasah kemampuan kamu merespon dan memahami percakapan dalam bahasa Inggris sekarang.
Alasan-alasan inilah yang membuat kamu yang bisa berbahasa Inggris lebih mudah keterima kerja.

1. Karena menguasai bahasa Inggris berarti kamu mampu memahami konsep berpikir yang lebih rumit

Adanya grammar dan tatanan bahasa yang berbeda-beda membuat bahasa Inggris menuntut kamu untuk bekerja lebih keras dalam hal kognitif dibanding dengan saat kamu belajar bahasa Indonesia.


2. Karena menguasai bahasa Inggris secara pasif menunjukkan bahwa kamu punya pemahaman kritis yang menyeluruh

Menulis dalam bahasa Inggris mengharuskan kamu bisa memadukan grammar, vocabulary serta penempatan kalimat yang terstruktur. Dibutuhkan pola pikir yang kritis untuk bisa melakukan hal ini dalam bahasa lain yang bukan bahasa Ibu dengan meminimalisasi error.


3. Lebih dari itu, menguasai bahasa Inggris secara aktif menunjukkan adanya pengalaman yang tidak sedikit dan tingkat percaya diri yang mencukupi untuk diserahi proyek

Bahasa Inggris yang terbiasa digunakan dalam bentuk percakapan aktif menunjukkan adanya pengalaman atau jam terbang yang lebih tinggi. Jika kamu dengan nyaman merespon dalam bahasa Inggris secara lancar, hal ini secara implisit menunjukkan kamu sering menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Di sinilah level bahasa Inggris yang kamu kuasai berbeda dengan yang kamu pelajari di ruang kelas, karena kamu tahu caranya membuat orang yang mendengarkan kamu berbicara bahasa Inggris paham apa yang kamu maksudkan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa kamu punya kepercayaan diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, yang notabene bukan bahasa asli kamu.


4. Bahasa Inggris adalah gerbang untuk terkoneksi dengan orang-orang yang jauh lebih berpengalaman, dan tanpa dasar berbahasa Inggris yang kuat, kesempatan untuk memperluas jaringan juga akan semakin terbatas

Mereka yang fasih dan merupakan penutur asli Bahasa Inggris adalah orang-orang yang sudah memiliki pengalaman berbobot internasional. Hanya dengan memiliki koneksi ke orang-orang seperti ini sajalah sebuah bisnis bisa mengalami perluasan yan signifikan. Makanya, hanya orang-orang yang sanggup membangun komunikasi dengan orang-orang seperti itu (baca: orang yang bisa berbahasa Inggris)-lah yang dicari.


5. Tanpa menguasai bahasa Inggris, kamu akan tertinggal kemajuan di segala bidang yang sudah terbawa globalisasi ke arah yang lebih baik

Sampai kapanpun, bahasa Inggris adalah kemampuan yang akan terus dicari dan dieksplorasi. Presentasi, membuat laporan, melakukan riset, menulis atau mendengarkan, semuanya ada kaitannya dengan berkomunikasi dan berbahasa. Semakin banyak orang Indonesia yang nyaman melakukan aktivitas berkomunikasi ini dalam bahasa yang mengglobal, lebih daripada bahasa Indonesia. Bukan berarti tidak membudidayakan bahasa sendiri, namun karena globalisasi memang tidak mungkin dibendung dan harus diterima dengan intelektualitas yang menyesuaikan. Karenanya, kamu tidak bisa menunda lagi untuk memulai berbahasa Inggris.


Kamu bisa memulai mengaktifkan pemahaman bahasa Inggris kamu dalam percakapan sehari-hari dengan bergabung dalam kelas online TalkEng. Bertemu langsung dengan penutur yang berperan sebagai guru dalam kelas yang interaktif via Skype tidak hanya lebih efektif melatih kamu untuk lancar berbahasa Inggris sambil memperkaya dasar bahasa Inggris, namun juga jauh lebih murah. Saatnya menjadi pribadi yang dicari dengan menguasai berbahasa Inggris!